Dapatkan informasi-informasi menarik yang belum pernah anda dapatkan

5 Kartun Ini Sebenarnya Tidak Cocok Untuk Ditonton Anak-Anak

Tuesday, October 6, 2015

5 Kartun Ini Sebenarnya Tidak Cocok Untuk Ditonton Anak-Anak

Acara kartun merupakan sebuah tontonan yang dikhususkan untuk dinikmati anak-anak. Namun kenyataannya tidak hanya anak-anak saja yang menonton acara ini, bahkan remaja sampai dewasa pun masih mau menonton acara ‘fantasi’ tersebut. Alasannya sih karena ceritanya bagus dan bisa dibilang jauh lebih menarik daripada sinetron.

Memang sih tontonan kartun itu bagus dan menarik, namun tentunya tak semua kartun baik untuk dilihatkan kepada anak-anak. Penyebabnya ada berbagai macam, salah satunya adalah terlalu banyak kekerasan yang takutnya nanti akan dicontoh oleh anak tersebut. Pengen tahukan kartun apa saja yang tak boleh ditonton sama anak-anak? simak ulasannya berikut ini.

1. Dulu enggak jadi masalah, tapi sekarang Crayon Shinchan terlalu banyak masalah
sumber gambar
Dulu ketika saya masih kecil, sebenarnya tidak ada masalah dengan kartun asal Jepang yang cukup populer ini. Namun dalam beberapa tahun terakhir, keeksisan Crayon Shinchan di kancah pertelevisian Indonesia terancam. Penyebabnya sih akhir-akhir ini terlalu banyak adegan mesum dan pemukulan.

Shinchan sering diceritakan suka menggoda wanita cantik dan seksi, belum lagi ibunya yang suka memukul Shinchan sampai kepalanya benjol. Hal inilah yang nantinya dikhawatirkan akan menular kepada para penonton khususnya anak-anak yang masih polos. Karena kasus tersebutlah, Crayon Shinchan yang dulu sudah nyaman berada di saluran RCTI, sempat pindah ke TRANS 7 sebelumnya akhirnya balik kucing ke RCTI.

2. Si kuning The Simpsons juga tak kalah kontroversialnya
sumber gambar
The Simpsons merupakan serial kartun yang diciptakan Matt Groening dan sudah mengudara sejak tahun 1989 silam. Acara ini termasuk kontroversial karena banyak sekali adegan yang seharusnya tidak pantas ada di genre kartun. Seperti adegan Homer mencekik Bart, Homer yang suka berbicara kotor, atau saat Bart bermain skateboard dalam kondisi bugil.

Di Indonesia sendiri The Simpsons pernah tayang pada era 90an dan kembali lagi di awal 2000an. Namun karena adanya kasus semacam itu, maka The Simpsons sempat dipindahkan di jam malam. Jika di Indonesia masih dimaklumi, maka hal yang sama tidak terjadi di Russia. Yak di negara tersebut kartun ini dilarang keras untuk diputar apapun alasannya.

3. Bahkan orang dewasa saja tak mau menonton Happy Tree Friends, apalagi anak-anak
sumber gambar
Kartun yang satu ini memang tidak ditayangkan di televisi, bahkan mungkin tidak akan pernah ditayangkan. Namun yang sangat disayangkan adalah Happy Tree Friends ada di youtube dan siapapun bisa menontonnya termasuk anak-anak.

Untuk menemukan letak ketidakpantasan kartun ini sangat gampang sekali. Sejak kamu mulai menontonnya, pasti sudah banyak sekali adegan kekerasan, pembunuhan, dan hal-hal menjijikkan lainnya. Entah apa maksud kartun ini, yang pasti orang dewasa saja tak sanggup menonton sampai selesai.

Dengan cover bergambar kartun yang lucu, membuat semua orang pasti akan tertarik menontonnya, termasuk anak-anak. Tapi setelah menontonnya, jangan harap kamu menemukan hal-hal lucu seperti di kartun lainnya.

4. Meski keren namun Naruto cukup ‘berbahaya’ bagi anak-anak
sumber gambar
Siapa sih yang enggak suka sama anime Naruto? Mungkin cuma mereka yang belum menontonnya saja yang enggak suka sama Naruto dkk. Karakter yang oke punya ditambah dengan jutsu yang keren, membuat anime Naruto laris manis tak hanya di Jepang tetapi juga di Indonesia.

Sama seperti kartun bergenre action lainnya, ada banyak adegan kekerasan dalam Naruto. Ada baiknya jika anak anda menonton acara ini, jangan biarkan mereka menonton sendirian dan selalu pantau anak-anak. Karena semua adegan di acara tersebut tentunya hanya rekayasa saja dan takutnya nanti akan dicontoh sama mereka.

Dulu ada kabar bahwa ada seorang anak yang tewas setelah melompat dari atap rumah karena mengikuti gaya Naruto dan kawan-kawan. Mungkin karena hal tersebutlah, anime Naruto sempat vakum di pertelevisian Indonesia.

5. Kesialan Bernard Bear kadang bikin ngilu liatnya
sumber gambar
Bernard Bear bisa dibilang kartun ‘baru’ dikancah pertelevisian Indonesia karena baru mulai di siarkan beberapa tahun silam. Diceritakan Bernard merupakan beruang yang paling sial, bahkan tanpa melakukan apapun kesialan tersebut pasti akan datang padanya.

Kesialan tersebut seperti jatuh dari ketinggian, kepalanya terpukul, sampai kaki menginjak paku. Memang sih pada awalnya kesialan yang dialami Bernard lucu. Namun kalau dilihat terus-terusan kamu bakalan bosan dan ngilu juga. Gimana enggak ngilu, coba bayangin aja pas Bernard jatuh dari ketinggian dan kepalanya menyentuh lantai duluan, hihi.

Memang sih dari acara kartun di atas, ada beberapa yang masih eksis di layar televisi, seperti Naruto, Shinchan, dan Bernard Bear. Namun ada baiknya saat si buah hati menonton acara tersebut, harus ada orang tua yang membimbing dengan memberitahu mana adegan yang tak perlu di contoh.

sumber
www.bacatulisan.com